Mengenal Berbagai Jenis Deposito Yang Ada di Bank


Deposito berjangka adalah produk investasi bank dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi dari tabungan biasa dan dapat dibayarkan jika memenuhi persyaratan dan batas waktu tertentu. Biasanya di beberapa bank seperti BRI, jumlah maksimal yang bisa diinvestasikan adalah Rp 2 miliar per nasabah. Namun, bank lain seperti BCA, BNI dan Mandiri tidak memberlakukan batasan jumlah yang dapat disetorkan.

Deposito berjangka

Bank menetapkan kondisi atau persyaratan yang berbeda untuk investasi deposito. Ada jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Setiap term memiliki tingkat bunga yang berbeda.

Jenis Deposito

Deposito sesuai permintaan

Giro adalah deposito berjangka dengan jangka waktu minimum 7 hari dan jangka waktu maksimum kurang dari satu bulan. Biasanya deposito jenis ini diterbitkan atas nama nasabah dan nominalnya besar.

Deposito Berjangka

Deposito merupakan jenis deposito yang sering dipilih oleh banyak orang. Deposito berjangka ini memiliki jangka waktu yang berbeda-beda yaitu 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, bahkan beberapa bank menyediakan hingga 24 bulan.

Sertifikat Deposito

Jenis lain disebut sertifikat deposito. Jenis ini merupakan simpanan yang diberikan kepada nasabah dengan jangka waktu 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan dan diterbitkan sertifikat. Sertifikat tidak mengacu pada nama lembaga atau orang tertentu.

Tips memilih deposit

Bandingkan nilai Suku Bunga

Persentase suku bunga deposito di setiap bank tidak sama antara satu bank dengan bank lainnya. Setiap bulan nominal bunga yang Anda dapatkan tidak selalu sama.

Perhatikan kerangka waktu

Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda dalam menawarkan jatuh tempo. Namun secara umum ada beberapa pilihan yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Anda dapat memilih apakah Anda ingin memperpanjang periode secara otomatis atau tidak.

Temukan keunggulan produk di deposito bank

Beberapa bank memiliki keunggulan produk yang berbeda dengan simpanan yang tidak ditawarkan oleh bank lain. Beberapa fitur tabungan yang dapat digunakan antara lain bunga bisa di transfer ke rekening bank lainnya.

Pikirkan denda dan biaya administrasi

Untuk biaya administrasi, seperti bea materai. Meskipun penalti adalah biaya yang harus Anda bayarkan jika Anda menarik uang yang disetorkan sebelum jangka waktu yang ditentukan.

Semoga dari informasi deposit diatas anda bisa lebih memahami tentang investasi yang satu ini. Sebenarnya ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih selain deposito. Salah satunya adalah reksa dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *