Mari Kenali Faktor Dari Penyebab dan Gejala Asam Urat


Pada beberapa orang, gejala yang muncul berupa nyeri di sekitar persendian yang biasa disebut dengan asam urat atau gout. Ciri khas penyakit asam urat sendiri biasanya adalah nyeri yang terjadi di sekitar persendian dan tulang. Tak jarang, pada beberapa kasus yang cukup parah, ditemukan gejala dan ciri yang lebih parah.

Bukan hanya orang yang sudah tua atau orang dewasa saja yang bisa terkena ini, intinya semua yang tidak menjalankan gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat dapat mengembangkan asam urat. Pada artikel ini, kita melihat lebih dekat penyebab dan karakteristik asam urat.

Penyebab Asam Urat

Terjadinya asam urat dalam tubuh terutama disebabkan oleh sisa-sisa zat metabolisme yang diproduksi oleh tubuh atau biasa disebut purin. Orang dengan asam urat dapat memiliki banyak purin, yang biasanya sulit dikeluarkan dari tubuh.

Zat purin ini membentuk kristal halus yang akhirnya menempel pada persendian dan menimbulkan rasa sakit berupa asam urat. Secara umum, diet juga berperan dalam pembentukan oksigen urat ini di dalam tubuh. Makanan seperti daging merah, seafood serta minuman alkohol dapat menyebabkan terkenanya asam urat pada tubuh.

Bukan cuma itu, asam urat juga disebabkan oleh riwayat penyakit asam urat yang diturunkan dari keluarga sebelumnya. Bila dikombinasikan dengan penyakit lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas, kadar asam urat bisa meningkat.

Dari beberapa kasus, banyak pria berusia 30-50 tahun yang rentan terkena penyakit asam urat ini. Meski tidak sedikit wanita juga mengalami asam urat setelah menopause. Oleh karena itu, menjaga pola hidup sehat dan makan secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit asam urat dalam tubuh.

Gejala asam urat

Penderita asam urat biasanya memiliki gejala – gejala tertentu. Apa ciri-ciri penyakit asam urat? Kenali ciri-cirinya di bawah ini.

Sendi yang terlihat bengkak dan nyeri

Pada penderita asam urat, terdapat penampakan yang bermasalah pada daerah persendian dimana penderita asam urat biasanya akan mengalami persendian yang bengkak dan menjadi lunak serta nyeri saat ditekan. Hal ini disebabkan penumpukan kristal kecil, tajam, keras yang bergesekan dengan lapisan lembut yang melindungi sendi atau sinovum.

Nyeri Sendi

Ciri umum lain dari asam urat adalah rasa sakit yang muncul dalam seni. Ini terjadi ketika kristal kecil, tajam, keras di area sendi bergesekan dengan lapisan lunak sendi atau sinovum. Rasa sakitnya bisa sangat menyiksa saat kondisinya memburuk, terjadi dalam 12 jam pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *