Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan di Dalam Rumah


Lingkungan yang sehat adalah suatu keadaan di sekitar seseorang yang bisa membuat keadaan menjadi nyaman dan aman. Dengan demikian, lingkungan yang sehat adalah kondisi yang bisa membuat tercapainya kesejahteraan manusia, dan bebas dari risiko cedera dan penyakit. Dalam lingkungan yang sehat tidak ada sumber fisik, kimia atau biologis yang berbahaya. Baik di udara, air, tanah, makanan dan media lingkungan lainnya, yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Bagaimana Anda memastikan lingkungan hidup yang sehat?

Beberapa masalah kesehatan berkaitan erat dengan faktor lingkungan. Jadi sangat penting untuk menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat, terutama di daerah tempat tinggal Anda. Inilah cara melindungi rumah dan lingkungan Anda.

Hati-hati dengan bahan kimia rumah tangga

Setiap rumah tangga memiliki risiko terpapar bahan kimia. Perhatikan peringatan pada kemasan. Beberapa bahan kimia dapat menyebabkan ledakan jika dibakar atau terkena panas yang berlebihan. Pastikan ventilasi terbuka dan ada sirkulasi udara yang baik saat menggunakan bahan kimia, seperti cat, penghapus cat, atau produk pembersih. Jika Anda bekerja dengan bahan kimia untuk waktu yang lama, seperti mengecat rumah Anda, sediakan udara segar secara teratur.

Menjaga Kualitas Udara

Kualitas udara di daerah Anda juga mempengaruhi kesehatan orang-orang di sekitar Anda. Berikut cara menjaga kualitas udara yang baik dan meminimalkan risiko kesehatan untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

  • Pasang ventilasi yang memadai.
  • Buka dan tutup jendela secara teratur ketika cuaca di luar memungkinkan.
  • Kehadiran tanaman hias dapat membantu menyaring dan meningkatkan kualitas udara.
Mencegah Jamur

Jamur dan bintik-bintik lembab dapat menjadi sumber berbagai penyakit di lingkungan yang sehat. Selalu jaga kebersihan ruangan di rumah yang lembab. Segera hilangkan noda basah atau jamur dengan air hangat dan larutan pembersih.

Perhatikan kualitas air

Air merupakan bagian penting dalam menciptakan lingkungan hidup yang sehat. Jika Anda menggunakan air keran untuk minum, pastikan airnya benar-benar mendidih sebelum diminum. Jika Anda menggunakan air galon, simpan air di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan jauh dari pelarut rumah tangga.

Mencegah Overheating

Lingkungan yang bersih dengan panas yang berlebihan tidak sehat. Oleh karena itu, aturlah suhu di dalam rumah Anda agar tetap stabil.
Panas yang berlebihan dapat meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan, terutama jika Anda sudah memiliki kondisi khusus, seperti masalah pernapasan, masalah jantung dan ginjal, tekanan darah tinggi, atau depresi.

Selain menjaga kesehatan lingkungan dengan cara-cara di atas, sebaiknya Anda juga berusaha mengurangi paparan zat-zat berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *