Manfaat Sayuran Sawi Serta Cara Mencuci dan Menyimpannya


Sayur sawi merupakan sayuran yang tergolong dalam jenis Brassica. Di Indonesia, sawi dibuat sebagai lauk tumis. Ternyata, manfaat sawi sebagai sumber nutrisi tidak sedikit karena mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Manfaat sayur sawi berdasarkan nilai gizinya

Berikut penjelasannya:

Sebagai sumber karbohidrat nabati

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan sayuran dapat mengurangi risiko beberapa jenis penyakit kardiovaskular. Mengganti karbohidrat dari sayuran, seperti sawi, juga akan membantu Anda mempertahankan berat badan ideal.

Sebagai makanan rendah kalori dan berlemak

Sayuran sawi sangat rendah kalori dan lemak. Namun, sayuran ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat.
Nutrisi ini membuat sawi mengstut kadar kolesterol, pencernaan, sembelit dan risiko terkena kanker usus besar.

Sebagai sumber vitamin C

Sawi hijau adalah sayuran hijau yang mengandung sumber antioksidan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini mengandung antioksidan yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.

Vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, yang menjaga kesehatan kulit, dan membantu tubuh menyerap zat besi.

Sebagai sumber vitamin A

Sayuran sawi kaya akan vitamin A. Jenis vitamin yang larut dalam lemak ini penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit serta berperan penting dalam pembelahan dan diferensiasi sel. Untuk menuai manfaat sawi, pengolahan dan penyimpanan sawi tidak boleh sembarangan.

Menyimpan dan mencuci sayuran sawi?

Penyimpanan dan penanganan sayur sawi bisa sama dengan sayur pada umumnya. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

Bagaimana cara mencuci sayur sawi?

Sayur sawi bisa langsung dicuci di bawah air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa tanah yang masih menempel. Anda juga bisa merendamnya sebentar di air garam untuk mengusir serangga dan ulat yang mungkin ada di antara sayuran.

Bagaimana cara menyimpan sayur sawi?

Sebaiknya segera konsumsi sayur ini selagi masih segar untuk memaksimalkan manfaat sawi dan nilai gizinya. Jika Anda tidak ingin langsung menggunakannya, Anda bisa menyimpan sawi di suhu ruangan hingga dua jam.

Sayuran sawi dapat disimpan di lemari es pada suhu 4 derajat Celcius hingga tiga hari.  Hal ini memungkinkan manfaat sayur sawi dapat dimanfaatkan secara optimal.

Anda dapat membungkus sawi dengan tisu dan menyimpannya dalam kantong plastik tertutup di lemari es. Handuk kertas menyerap air dari kangkung sehingga tidak rusak dan tetap renyah saat Anda memakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *