Kacamata Anti Radiasi Yang Baik Bagi Sinar Bluelight


Kacamata anti radiasi dikatakan dapat mencegah rusaknya mata bagi Anda yang menyukai menghabiskan waktu dengan bermain komputer atau gadget. Selain itu, kacamata jenis ini memiliki lensa cahaya biru yang menjadi nilai plus.

Benarkah kacamata ini bisa mencegah cedera mata saat melihat layar?

Kacamata anti-radiasi dan serangkaian fakta tentang penggunaannya Berikut adalah fakta tentang kacamata anti radiasi dari sudut pandang medis.

Kacamata anti-radiasi dibuat dengan lapisan filter cahaya biru

Kacamata anti radiasi dipasarkan sebagai jenis kacamata yang dapat menyaring cahaya biru dari layar komputer, telepon, televisi, dan perangkat lainnya. Klaim ini bermula dari bahan pelapis khusus pada permukaan lensa.

Cahaya biru adalah gelombang pendek cahaya dalam spektrum warna yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Dalam spektrum elektromagnetik, cahaya biru memiliki panjang gelombang 400-500 nanometer dengan puncaknya pada 440 nanometer, yang menurut peneliti tidak baik untuk mata.

Kacamata anti radiasi tidak direkomendasikan

Teknologi ini masih terbilang baru, sehingga banyak penelitian yang belum berani menyimpulkan apapun mengenai hal ini. Ahli sendiri, tidak menganjurkan penggunaan kacamata ini karena tidak memberikan manfaat yang signifikan, termasuk bagi mereka yang sering menatap layar laptop atau ponsel.

Namun, penggunaan kacamata anti radiasi juga tidak bisa memberikan solusi. Ahli mengatakan kualitas rata-rata lensa cahaya biru pada kacamata ini tidak cukup baik untuk mencegah cahaya biru mencapai retina. Akibatnya, tidur Anda akan tetap terganggu dan mata Anda akan tetap terasa lelah jika terlalu lama menatap layar gadget.

Beberapa dokter mata masih merekomendasikan memakai kacamata anti radiasi

Penggunaan lensa cahaya biru dalam kacamata anti-radiasi masih kontroversial. Sementara sebagian besar dokter mata menyarankan untuk tidak memakai kacamata ini, beberapa praktisi masih menyatakan bahwa kacamata itu digunakan oleh mereka yang menatap layar komputer selama lebih dari 6 jam sehari.

Vision Council, organisasi yang membawahi industri kacamata di Amerika, juga menyatakan bahwa kacamata anti radiasi dapat mengurangi kelelahan mata akibat menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, pandangan yang sama diungkapkan oleh mantan presiden AAO, Samuel Pierce.

Saran penggunaan kacamata anti radiasi

Meski fungsi lensa blue light masih menuai pro dan kontra, tidak ada larangan bagi Anda untuk merogoh kocek terlalu dalam dan menggunakan kacamata anti radiasi ini. Pasalnya, banyak orang yang merasa mendapat manfaat dari penggunaan alat bantu visual tersebut, seperti menajamkan mata dan tidak mudah lelah saat menatap layar komputer dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *