Cari Sponsor Selalu Gagal? Mungkin Ini Jadi Penyebabnya


Menemukan sponsor tidak selalu gagal tanpa alasan. Memang, penolakan bukan berarti gagal. Artinya, jika proposal sponsorship ditolak, itu bukan akhir dunia. Anda harus mencoba lagi lain kali.

Dalam kasus seperti itu, ketekunan diperlukan. Terlepas dari fakta seperti itu, jangan dibutakan oleh ketekunan. Ini berarti Anda perlu tahu mengapa proposal sponsor Anda ditolak. Jika Anda tahu apa yang menjadi sebabnya, Anda dapat memperbaikinya nanti. Sehingga usaha dalam mencari sponsor bisa berhasil. Apa penyebab utama selalu tidak menemukan sponsor?

Konsep yang tidak menarik

Ini adalah hal yang paling mendasar yang tidak terlalu diperhatikan. Harus diakui masih banyak orang yang membuat proposal sponsorship berdasarkan proposal yang ada. Membuat konsep sponsorship baru yang lebih kreatif bahkan berpeluang besar bagi calon sponsor untuk tertarik dan membacanya. Dalam hal ini, mempresentasikan proposal sponsor bisa menjadi sangat penting.

Artinya, menjadi penting untuk membuat proposal semenarik mungkin. Anda juga harus banyak memperhatikan detail dan kerapian tulisan. Jangan sampai calon sponsor malas membaca proposal Anda karena terlihat tidak berbahaya.

Jangan hanya copy paste proposal sponsorship yang ada. Akan lebih baik jika Anda mengonsepnya lebih kreatif. Selalu ingat satu hal, konsep proposal sponsor memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap diterima atau tidaknya proposal Anda.

Popularitas acara

Faktor berikutnya yang sering dianggap ada hubungannya dengan popularitas pertunjukan. Artinya jumlah peserta yang nantinya akan menghadiri acara tersebut sering dijadikan salah satu pertimbangan terpenting saat menerima atau menolak proposal sponsorship.

Oleh karena itu, acara dengan popularitas yang kurang ‘wow’ umumnya cukup sulit untuk mencari sponsor. Ingatlah bahwa sponsor ingin mendanai acara Anda karena ada pengembalian yang proporsional. Karena ini murni bisnis. Artinya profit akan menjadi pertimbangan utama. Terutama di bidang promosi. Artinya jika event yang Anda kerjakan tidak mempengaruhi promosi perusahaan, maka proposal Anda akan ditolak.

Konsep acara tidak sesuai dengan misi sponsor

Tahukah Anda bahwa konsep acara memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mendapatkan sponsor acara. Artinya jika ingin proposal sponsorship Anda diterima, Anda harus membuat konsep event yang selaras dengan visi dan misi sponsorship yang Anda kejar.

Contoh paling sederhana adalah sebagai berikut. Anda menyelenggarakan acara bertema kesehatan. Tapi Anda mengajukan proposal ke produsen tembakau. Kecil kemungkinan proposal sponsorship Anda akan diterima.

Oleh karena itu, jenis acara merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan apakah proposal diterima atau ditolak. Karena kesesuaian konsep acara umumnya akan menjadi hal yang dilihat para sponsor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *