Cara Atasi Hidung Tersumbat Dengan Tepat dan Benar


Ketika hidung tersumbat, bernapas bisa menjadi tantangan yang sulit. Tidak hanya itu, suara yang mengikat ingus yang terus keluar dari lubang hidung juga bisa keluar dari hidung. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi ini yang bisa Anda terapkan agar napas Anda bisa kembali lega. Apa itu? Berikut informasinya!

Bagaimana cara efektif mengatasi hidung tersumbat?

Ketika hidung tersumbat, bernapas bisa menjadi tantangan yang sulit. Tidak hanya itu, suara yang mengikat ingus yang terus keluar dari lubang hidung juga bisa terjadi akibat hidung tersumbat.

Meski kondisi ini bukan masalah serius, Anda tetap akan merasa tidak nyaman. Karena itu, Anda harus segera mengambil tindakan. Ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat:

Pasang pelembab udara

Memasang pelembab udara atau humidifier adalah salah satu cara paling umum untuk mengatasi hidung tersumbat. Perangkat ini mengubah air menjadi uap, yang dapat melembabkan ruangan.
Menghirup udara lembab ini dapat meredakan iritasi pada jaringan dan pembuluh darah yang bengkak. Alat ini juga bisa mengurangi jumlah lendir di hidung sehingga pernapasan menjadi normal.

Mandi air hangat

Cara termudah untuk menghilangkan hidung tersumbat adalah dengan mandi air hangat. Anda mungkin disarankan untuk mandi air hangat jika hidung Anda tersumbat. Terima kasih kepada orang yang memberi saran. Karena mandi air hangat juga bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat.
Uap dari mandi air hangat dapat melonggarkan lendir di hidung. Oleh karena itu, mandi air hangat dapat membantu pernapasan Anda kembali normal.

Banyak minum air putih

Minum air secara teratur dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Obat sederhana untuk hidung tersumbat ini memungkinkan lendir di saluran hidung mengalir. Akibatnya, tekanan di dalam sinus berkurang.

Tiup hidung Anda

Lebih baik meniup hidung Anda daripada menariknya kembali ke kepala Anda. Orang yang menderita hidung tersumbat cenderung menghirup lendir ke dalam hidung. Meniup hidung sebenarnya bisa memberikan dampak yang lebih baik dan menjadi cara yang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat.

Menggunakan bantal tambahan saat tidur

Hidung tersumbat bisa membuat Anda sulit bernapas. Akibatnya, tidur menjadi tidak sehat. Oleh karena itu, disarankan untuk menambahkan 1-2 bantal tambahan untuk menopang kepala Anda jika hidung tersumbat.
Hal ini dilakukan agar lendir dapat keluar dari lubang hidung sehingga pernapasan kembali normal.

Jika cara mengatasi hidung tersumbat di atas masih belum berhasil, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter. Biasanya, dokter akan terlebih dahulu menentukan penyebab hidung tersumbat sebelum menentukan pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *