Jalani Dengan Seperlunya Karena Kelewatan Tidak Bagus Walaupun Niatnya Baik

Tidak Selamanya Yang Kita Nilai Buruk Adalah Hal Yang Tidak Baik

Orang sering sekali dan suka sekali membuat sebuah kesimpulan sendiri. Suka sekali langsung mengambil keputusan dan menjadikan sebuah kesimpulan padahal baru lihat, baru pertama kali ketemu, baru pertama kali merasakan, orang bisa langsung dengan percaya diri untuk menyatakan ini kesimpulannya. Orang senang mengkritik. Dan itu rasanya sudah mendarah daging pada orang-orang. Soal mengkritik orang lain, wah itu sudah menjadi passion setiap orang. Rasanya seperti itu. 

Tidak Selamanya Yang Kita Nilai Buruk Adalah Hal Yang Tidak Baik

Seperti kita melihat sesuatu yang baik, kita melihat sebuah hal atau kejadian yang baik, dan kita langsung menyimpulkan itu baik loh. Begitupun sebaliknya dengan hal buruk, kita melihat sesuatu, kita sering kali langsung asal men judge, bahwa itu tidak baik, itu jelek, itu buruk. Tanpa mau mengetahui lebih dalam lagi, tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kenapa bisa sampai terjadi seperti itu. Dan lain sebagainya. Dan itu kerap kali kita lakukan baik secara sadar maupun tidak sadar. Kita sering sekali mengulangi sikap kita itu. Kadang kita sudah tahu itu bukanlah hal yang baik, itu bukanlah hal yang benar untuk dilakukan. Tapi kita tetap melakukannya. 

Itulah manusia. Selalu melakukan apa yang dia ingin lakukan. Melakukan semua hal dengan suka hati. Menilai seseorang sesuka hati. Dan langsung memberikan kesimpulan bahwa ini baik atau buruk. Padahal tidak selamanya yang kita lihat itu buruk dan memang buruk dalamnya. Kadang kita sering menilai dari cover-an nya saja. Misalnya kita jalan kita melihat sebuah tempat makan yang dari luar kelihatan tidak menarik, kotor, dan rasanya tidak cocok untuk dijadikan tempat makan. 

Tapi setelah kita masuk di dalam, ternyata sangat berbeda. Di dalam sangat bersih, semua peralatan dan furniture tertata rapi, dan makanannya pun enak. Apakah kalian pernah mengalami itu? Rasanya banyak dari kita pernah mengalami hal serupa. Atau berbeda, tapi intinya sama, yang dimana kita sudah menilai dari luar ini tidak baik, dan ternyata setelah mengetahui lebih jauh, ternyata apa yang kita nilai itu salah, dan bahkan jauh dari apa yang kita nilai. Sehingga kita dibuat tercengang oleh itu.