Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lebih Lama


Berbeda dengan sayuran, berbeda dengan buah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli dan menyimpan buah. Bagaimana dengan buah mentah atau buah yang mengandung gas etilen? Berikut saya coba uraikan secara sederhana.

Misalkan selama salah satu kunjungan Anda ke pasar atau supermarket Anda dapat membeli buah-buahan yang berbeda untuk disimpan di rumah atau di resepsi selama beberapa hari ke depan. Terkadang saya selalu merasa cemas pada awalnya. Takut buahnya terlalu cepat matang atau tidak segar saat disajikan.

Dengan rasa ini, kita bahkan mungkin ketahuan memakan buah terlalu cepat atau membukanya sebelum matang. Tapi sebenarnya semuanya lebih mudah sekarang. Toko buah ada dimana-mana dan kami bisa memperkirakan kualitas dan kebutuhan kami.

Apa lagi yang harus Anda perhatikan saat menyimpan buah. Yuk, coba ikuti beberapa tips berikut ini.

Beberapa Buah Tidak Cocok Dengan Yang Lain

Ternyata banyak buah-buahan yang menghasilkan sejenis gas etilen yang bisa mempercepat proses pematangan. Namun Anda tidak ingin hal ini terjadi pada buah lain yang sensitif terhadap gas ini. Begitu juga saat diletakkan di samping sayuran, keduanya harus dipisahkan.

Beberapa buah yang sensitif terhadap gas etilen adalah apel dan semangka. Jadi sebaiknya pisahkan kedua buah ini dari buah-buahan yang menghasilkan gas ini, seperti alpukat, pisang, melon, mangga, pepaya, pir, plum, dan bahkan tomat.

Simpan Buah Yang Masih Mentah Terlebih Dahulu

Karena belum matang, Anda tidak perlu khawatir buah yang Anda beli sudah tidak segar lagi dan ingin segera memakannya. Misalnya, pisang menguning dan menjadi gelap saat matang. Namun, ini tidak mempengaruhi rasa buah. Gampangnya sekarang kita bisa dengan mudah menemukan pisang yang bisa langsung disantap.

Beberapa buah, seperti pir, kiwi, mangga, alpukat, melon, dan pisang, hanya boleh disimpan di luar ruangan dan tidak boleh disimpan di lemari es agar matang.

Ini merupakan langkah yang tepat agar buah kalian terjaga lebih lama dari pada biasanya. Buah yang dimasukan ke lemari es cenderung akan rusak lebih cepat dibandingkan dengan ditaruh pada suhu ruangan. Maka dari itu, selama ini banyak orang yang salah menerapkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *